Senin, 12 Oktober 2009

MyJobDesk

Pendidikan dan Pekerjaan

Pascasarjana:
SMA:
Lembaga/Perusahaan:
GCH
Jabatan:
fo clerk staff
Masa Kerja:
Februari 2008 - Sekarang
Tempat:
Bekasi, Indonesia
Deskripsi:
Front Office Departement adalah salah satu departement yang ada di dalam hotel sebagai motor penggerak atau ujung tombak suatu hotel, karena pusat informasi dan segala data- data, maupun pembayaran ada di departement ini.Sehingga pekerjaannya dan sistem kerja serta permasalahan yang sangat kompleks ada disini. Front Oficce Depatement as from as FO Clerk Staff, jobdesknya, yaitu :

- Menangani proses check in, check out sesuai dengan standart ,pelayanan kamar, complain tamu,
- Penawaran dan penjualan kamar ( reservation ),
maupun fasilitas- fasilitas layanan yang ada di dalam hotel,seperti bar, restaurant, fitness, massage and spa dll.
- Membuat bill restaurant dan bill penginapan tamu,mengecek daftar harga dari marketing,
- Menerima telphone incoming dan outgoing call,
- Menghitung house bank cashier,
- Mengetik data tamu,
- Memasukkan report bill tamu daily,
- Membuat data statistik balai pusat statistik setiap tamu yang check in secara bulanan.
- Penghubung antara tamu, housekeeping, waiters, IT, marketing,Accounting,
- Follow up setiap permintaan tamu,
- Door girl,
- Membuat bill tamu yang check out dan bill restaurant serta mini bar,
- Membaca dan membalas email yang masuk, membuat confirmasi data tamu berupa fax atau email,
- Membuat laporan tertulis berupa log book,
- Melengkapi bill tamu dengan surat jaminan tertulis atau Guarantee letter dan voucher sesuai MOU dari marketing dengan perusahaan yang terkait(corporaterate),
- Menghapal data tamu repeater, harga kamar serta benefit yang diterima oleh tamu yang reserve room,yang termasuk corporaterate perusahaan ,
- Mengecheck data transaction atau check out with balance,
- Check kedatangan tamu dan kepulangan tamu, mengecheck data kelengkapan tamu yang akan check out melalui hosekeeping (bag. mini bar),
- Mengecheck keberadaan driver dan keadaan mobil & range mobil untuk pengantaran atau penjemputan tamu,
- Membantu tamu untuk memakai layanan internet service, fotocopy, fax dll.
- Menghitung perkiraan harga room tamu yang menginap, maupun harga perkiraan meeting package.
- Membuat comparison and daily hotel report.
- Check dan mengupdate keadaan pintu kamar setiap bulan.
- Showing Room.
- Clossing,
- Menghitung house bank,
- Breafing.




Tidak ada komentar: